Kamis, 23 Agustus 2012

GM PLN Lounching Listrik di Gunung Mujur



LOMBOK TENGAH (Suarakomunitas) - Warga Desa Bujak Kecamatan Batukliang Lombok Tengah mulai hari Kamis 16/08  bernafas lega, pasalnya hari itu pelayanan listrik jaringan baru akan di Lounching oleh General Manager (GM) Kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) Akbar Ali.





Supervisor Teknik PLN Rayon Praya Muhasim kepada wartawan mengatakan Lounching tersebut ditandai dengan pemasangan Trafo di Gardu PLN yang sudah dipesiapkan sebelumnya. Dengan telah dipasangnya trafo tersebut maka warga desa bujak dan sekitarnya sudah bisa menikmati terangnya layanan listrik PLN.

“Pemasangan trafo yang menjadi lounching tersebut akan dilakukan besok (hari ini-red) di Gunung mujur desa Bujak yang bisa juga disaksikan langsung oleh masyarakat”Katanya.

Dari hasil rekapitulasi PLN praya Gardu baru yang dibuat di Gunung Mujur tersebut akan melayani kebutuhan listrik sebanyak 500 kepala keluarga (KK), namun untuk sementara akan melayani KK yang letaknya sesuai jarak teknis.

“Dari hasil laporan para kadus di desa itu yang akan berlangganan listrik sebanyak Lima Ratusan KK, namun semntara akan dilayani KK yang sesuai teknis saja. Sementara KK yang Lokasinya berada di jarak yang tidak sesuai teknis menyusul karena masih melalui proses.”Tambahnya.

Untuk menjangkau seluruh KK yang ada didesa tersebut, diperlukan perluasan jaringan dengan menambah jumlah tiang. Dan hal tersebut menurut muhasim membutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit. Untuk itu bagi warga yang belum bisa terlayani diharapkan untuk bersabar.

“Adapun daya yang akan terpasang pada jaringan baru tersebut sebesar seratus KVA (Kilo Volt Ampere-red) atau sama dengan Seratus Ribu watt. Dan itu sekaligus sebagai cadangan listrik bagi masyrakat disana.”Imbuhnya.

Jaringan baru yang saat ini terpasang bagi warga Bujak tersebut merupakan jaringan yang dipasang oleh pihak PLN sendiri dan dananya bukan berasal dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN). Hal itu merupakan Inisiatif dari GM sendiri untuk memepercepat perluasan pelayanan Listrik bagi masyrakat yang selama ini sudah lama meridukan pelayanan PLN.

“Jaringan itu kita bangun sendiri dengan alat yang ada. Artinya walaupun bekas namun layak untuk dipakai itulah yang kita pasang. Tetapi Trafo yang akan dipasang itu dijamin Trafo baru”Pungkasnya.(risma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar