Selasa, 10 Juli 2012

Loteng Buka Jalur Treking Baru Ke Rinjani Melalui Benang Setokel




RADIO KOMUNITAS TALENTA FM ( Lombok Tengah) Kabupaten Lombok tengah merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang memiliki keragaman potensi alam maupun budaya dengan keunikan, kekhasan dan kelokalannya. Pengembangan sector pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu alternative dalam rangka akselerasi pertumbuhan perekonomian daerah dan mengeliminir kesenjangan ekonomi antar wilayah. Sebagai salah satu sector dalam upaya akselerasi pertumbuhan ekonomi, kegiatan kepariwisataan di Kabupaten Lombok Tengah diharapkan mampu membangkitkan kegiatan ekonomi pada skala formal maupun non formal.

Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) di Kabupaten Lombok Tengah yang tersebar di masing – masing Kecamatan mempunyai daya tarik tersendiri. Hamparan wilayah utara dengan lereng gunung Rinjani Bagian selatan merupakan wilayah dari Kecamatan Batukliang Utara yang berpotensi besar untuk dikembangkan menjadi paket agrowisata dan geowisata.

Pengembangan agrowisata ditunjang oleh keberadaan perkebunan kopi Persil di desa Lantan dan adanya hutan kemasyarakatan yang telah berhasil memproduksi berbagai jenis buah – buahan yang kini produksinya makin meningkat dari tahun ke tahun. Sementara untuk geowosata jalur trekking dari benang stokel menuju danau segara anak dan Gunung Barujari kini menjadi salah satu prioritas rencana pengembangan ODTW Kabupaten Lombok tengah. Jalur ini merupakan jalur selatan untuk menuju ke Puncak Gunung Rinjani sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Pada saat ini jalur yang telah resmi dan banyak dilalui para wisatawan untuk mencapai Segara Anak dan GUnung Rinjani adalah jalur Senaru (Kabupaten Lombok Utara) dan Sembalun (Kabupaten Lombok Timur).

Kedua jalur tersebut telah lama berkembang di bawah pengelolaan RTMB (Rinjani Trekking Management Board). Melihat perkembangan kedua jalur tersebut Lombok Tengah perlu segera membuka dan mengembangkan jalur selatan Via Benang Stokel untuk pengembangan ODTW baru yang dapat memberikan pengaruh (Side Effect) untuk masyarakat sekitar kawasan. Sebagai ODTW nantinya jalur ini akan disinergikan dengan potensi – potensi lain di wilayah Utara seperti ODTW Kebun Kopi Persil, Pemandian Aiq Bukak dari Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu.

Selanjutnya keberhasilan pembukaan jalur ini akan menjadi Entry Point untuk Ekspedisi ke Puncak Gunung Rinjani via Kabupaten Lombok Tengah pada tahun 2013. Untuk tujuan pembukaan jalur atau ekspedisi tahun 2012 ini Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan memberangkatkan 50 orang pendaki dari Mapala Universitas Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram, Akademi Pariwisata Matram, STMIK Lombok, Universitas Gunung Rinjani dan STKIP Pancor. Tim yang akan mendukung dan berpartisipasi dalam ekspedisi ini diantaranya adalah Kelompok Pemandu dan Porter Desa Aik Berik, Tim Disbudpar Lombok Tengah, Tim Warga Pecinta Alam Sekawakawa (Wapasak) Praya, dan tim – tim perwakilan SKPD lingkup Pemda Lombok Tengah. Adapun sebagai PImpinan ekspedisi adalah sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Bapak Drs. H. L. Supardan, MM.

Untuk acara pembukaan dan pelepasan yang akan berlangsung di Benang Stokel Desa Aik Berik akan dipimpin Bupati Lombok Tengah pada tanggal 6 Juli 2012. Jadwal pelaksanaan ekspedisi adalah sebagi berikut :

6 Juli 2012

1
09.00-11.00 wita
Peserta tiba di Benang Stokel dan Registrasi
2
11.00-14.00 wita
Peserta makan siang dan sholat Jumat di Masjid Pemotoh Tengak, Desa Aik Berik.
3
15.00-17.00 wita
Peserta Mengikuti Acara Pembukaan
4
17.00-19.00 wita
Peserta Istirahat (Kemah di Caing Ground B.Stokel)
5
19.00 wita
Makan Malam & Istirahat

7 Juli 2012

6
05.00-07.00 wita
Sholat subuh dan Persiapan
7
07.00-08.00 wita
Sarapan
8
08.00 wita
Pemberangkatan Peserta
9
8-10 Juli 2012
Pelaksanaan Treking - Penyambutan

Adapun tujuan utama dari ekspedisi ini adalah untuk :
1.      Membuka Jalur baru untuk trekking menuju Segara Anak dan Gunung Rinjani sebagai alternative dari jalur yang sudah ada di Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur.
2.      Mengembangkan ODTW (Objek Daya Taya Wisata) khususnya Wisata Minat Khusus (Pendakian).
3.      Memberikan dampak kepada masyarakat sekitar kawasan terutama peningkatan kesempatan bekerja dan berusaha melalui penyediaan guide, porter, konsumsi dan akomodasi bagi wisatawan.


   SAAT INI, SEJUMLAH PESERTA EKSPEDISI SUDAH KEMBALI ... DAN NANTIKAN FOTO-FOTO PERJALANAN MENAKJUBKAN MEREKA, MULAI DARI SAAT BERANGKAT HINGGA SEKEMBALINYA DARI DANAU SEGARA ANAK GUNUNG RINJANI DI www.talentafmnews.blogspot.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar