Rabu, 04 Juli 2012

Yang Tua Yang Semangat Belajar



Puluhan ibu-ibu buta huruf terlihat bersemangat mengikuti pelajaran membaca yang dismampaikan tutor mereka, hal itu terlihat di Pusat Kegiatan Belajar Masyrakat (PKBM) Nurul Iman desa Pagutan kecamatan Batukliang Utara kabupaten Lombok tengah pada Rabu 04/07 disalah satu mushola yang mereka jadikan sebagai tempat belajar.


Ketua PKBM Nurul Iman Samsudin Yakub kepada Talenta FM mengatakan, warga belajar tersebut merupakan kegiatan pelaksanaan Progaram berantas buta huruf atau yang dikenal dengan Keaksaraan Fungsional (KF)  sebuah program yang diluncurkan oleh pemerintah.

“Kami sebenarnya mengusulkan empat puluh empat kelompok namun yang terealisasi hanya tigapuluh kelompok saja, jadi masih ada tersisa warga buta huruf yang menunggu giliran untuk belajar dan mendapatkan fasilitas dari bantuan pemerintah ini. “Katanya.

Sejauh ini menurut Samsudin, belum ada kendala yang berarti yang dihadapi pada proses pelaksanaan program KF ini, namun sejumlah warga belajar ada yang terkendala karena waktu. Mereka meminta agar proses belajar mengajar tersebut di persingkat. Namun setelah diberikan pengertian bahwa proses belajar harus sesuai dengan jumlah jamnya agar bisa menguasai pelajaran dengan baik, maka wargapun menerimnya dan menjalaninya dengan sabar.

Salah seorang warga belajar Inaq Isah mengaku senang karena sekarang dirinya sudah bisa mengenal hruf bahkan suadh bisa mulai bisa membaca. Sekolah yang ia sebut sekolah Tua ini sangat bermamfaat bagi dirinya yang tidak pernah sekolah.

“Ya pak untung ada sekolah Tua ini, karena kalau kita akan disuruh sekolah sama anak-anak kami yang masih SD itu tidak mungkin, malulah pak. Kalau sesama tua begini ya kami percaya diri saja.”Ujarnya.

Sementara itu, kepala bidang PNFPO dikpora Lombok Tengah H.Abdul Khalik megatakan Progaram KF tersebut sudah berjalan sejak hari senin lalu dan serentak dilaksanakan disejumlah kecamatan di lombok tengah.

“Bagi warga yang tahun ini tidak bisa terkaper pada KF sekarang, menunggu giliran pada tahap ke dua nanti”Katanya singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar