Rabu, 13 Juni 2012

Pendapat Warga Tentang Radio Komunitas dan PNPM

 
Sejak beberapa tahun lalu Radio Komunitas Bekerja sama dengan Pihak PNPM dalam berbagai Hal. Mulai dari kerja sama dalam bentuk pemberitaan, Sosialisasi dengan Iklan Layan Masyarakat bahkan dengan menggelar Radio TalkShow. Bagaimana pendapat warga dengan hal tersebut? Seberapa jauh kepahaman warga tentang PNPM yang mereka dengar dari Radio Komunitas? Kemudian apa harapan mereka? Berikut Wawancara Talenta FM dengan sejumlah warga.



Warga Desa Barejulat H.Sofyan Hadi, Wawancara Pada Kamis 10 Mei 2012
Apakah Anda tahu tentang Radio Komunitas?
saya tahu radio kmunitas ini, soalnya pada saat rakom ini dibuat kita diminta tanda tangan sebagai tanda setuju atau persetujuan dan dukungan terhadapkeberadaan radio tersebut, ya di desa saya ini barejulat.
Sejak kapan Anda mendengarkan Radio Komunitas?
Saya mendengar rakom talenta ini sejak berdirinya padabulan januari tahun 2000 lalu, saya selalu mendengar di saat saya bekerja, saat lagi happy, saya kan bekerja elektro jadi saya selalu mendengar radio talenta terus sambilbekerja.
Apakah Anda pernah mendengarkan tentang sosialisasi PNPM di Radio Komunitas?
Bahkan setiaphari saya mendnegar iklan tentang PNPM mandiri, setiap sore saya mendengar dialog interaktif yang mana kadang –kadang tentang PNPM itu sendiri,banyak yang menelpon saya juga ikut menelpon sekali – sekali untuk menanyakan pnpm itu sendiri.
Pada saat saya ikut acara itu materinya pada saat itu tentang proyek –proyek,bantuan sekolah,bantuan simpan pinjam, bantuan tentang sarana prasarana jalan, tapi simpan pinjam ini hanya khusus untuk perempuan lo.
Kalao ILM itu tentang kalau ada penyimpangan –penyimpangan dari kegiatan PNPM itu kiadisuruh melapor tapi dengan ada bukti yang kuat jangan kalau kita Cuma mendengar seorang yang mengatakan itu begini begitu, jadi kalau kita disuruh mengadu itu kita disuruh menelpon ke mana itu ada disebut di iklan radio talenta itu saya lupa nggak hapal itu.
Sejauhmanakah kepahaman Anda tentang PNPM yang Anda dengarkan di Radio   Komunitas?
Yang saya tahu PNPM itu program pemerintah bukan proyek seperti ada bantuan untuk buat sekolah, membuat jalan sarana umum dan simpan pinjam tapi husus untuk perempuan lo.
 Saya tahu PNPM ini awalnya dari desa  PNPM ini membantu masyarakat kecil dan menengah juga saya dengar di radio ini sendiri.
Menurut Anda, apakah Radio Komunitas sudah maksimal dan efektif dalam menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat tentang PNPM?
Radio komunitas ini kan dibuat oleh masyarakat bukan perseorangan jadi merkepasti mendengar radio mereka sendiri. Apapun yang disiarkan di radio komunitas ini talenta iini pasti di dengarkan masyarakat, jadi menurut saya sangat – sangat baik dan bagus sebagai tempat sosialisasi PNPM ini sendiri.
Saya rasa bukan hanya PNPM saja yang bagus untu di sosialisasikan tapi kan mungkin untuk orang yang membutuhkan ataumembutuhkan dana misalnya ada pelelangan atau gimana dia bisa langsung menanyakan langsung ke radio komunitas ini sendiri.
Kalau radio ini rusak kita juga akanmenanyakan mengapasih ada apa sih mungkin atau gimana gitu kita akan cepat – cepat mengkomplain padapengelola rakom ini.
Apa mamfaat yang dirasakan dengan penyiaran PNPM melalaui Rakom?
Manfaat yang dirasakan saya bisa tahu program pemerintah dan saya bisa ikut berperan selain itu kita juga punya pengetahuan yang banyak kalau adapenyimpangan kita bisamencegahnya kan.
Pernah, karena pada saat di siarkan atau diumumkan di rakom ini kita langsung mencari tempat pengelolaan PNPM ini sendiri,supaya kita jangan mendengar cerita pnpm ini begini begitu tetapi ternyata kita belum tahu pasti gitu sebaiknya saya langsung ke desa gitu untuk mencari tahu disanakan adasekdes pokoknya petugas desa yang tahu tentang PNPM mandiri ini sendirilah.
Kalau bisa jangan program  PNPM ini saja yng disiarkan di rakom ini, tapi semua program pemerintah baikmasalah muda – mudi lebih – lebih programpemerintah mengenai pertanian, kesehatan,pengelolaan dan sebagainya.
Kalau yang saya tahu acaranya bagus – basgus banget, pas banget buat kita kalau pagi –paginya itu ada acara lagu –lagu sasak, siang – siang itu ada sasana siang lagu nya malaisia, Indonesia,kao sorenya itu adasasakgaukl talenta setelah itu ada dialog interaktif PNPM mandiri, selanjutnya ada dakwah islamiah itu yang saya salut ternyata radio ini masih punya iman bukan hanya kita saja tapi bisameningkatkan iman semua masyarakat khusunya umat islam, dan kita bisa belajar dan diajar gitu untuk ingatlah.
Dakwah yang pernah saya dengarkan dakwah tentang ini tentang orang sakit, bagimana cara kita menerima tamu,bagaimana kita hidup bermasyarakat pokoknya semua yang berkaitan dengan kehidupan itu semua ada, kalo gak salah itu ustas nya Abdullah hadrami.
Apa harapan Anda terhadap Radio Komunitas dan PNPM dalam penyebarluasan sosialisasi ke masyarakat luas?
Harapan saya supaya rakom ini lebih maju ini, ya kalo bisa saya mohon ini saya kasihan samapenelpon  dan fans – fans talenta jangan selalu disiar ulang acara yang sudah lalu itu jangan di putar ulanglah kasihan banyak penelpon dan fans yang ingin ikutan menelpon kirim salam dan sebagainya.yang kedua supaya radio talenta ini lebih giat lagi dan jangan sampai telat menyiarkan, kalau bisa 24 jam gitu.


Warga Desa Aikmual Praya ZOHRI, Wawancara Pada Rabu 16 Mei 2012
Apakah Anda tahu tentang Radio Komunitas?
Kalau rakom saya tidak asing lagi soalnya radio ini banyak memutar lagu, terutama lagu daerah, dan informasi terutama yang saya dengar tentang PNPM ini, dan tidak terlalu banyak iklankecuali iklan PNPM ini.
Sejak kapan Anda mendengarkan Radio Komunitas?
Sudah lama saya mendengarnya seingat saya dulu awal – awalnya radio komunitas itu kebetulan saya tidak terlalu jauh ada  pernah dulu yang bikin radio komunitas dulu mungkin karna alatnya yang masih minim, jadi sempat berpengaruh ke TV kita, sering mengganggu, tapi Alhamdulillah sekarang dengan alat yazng sudah memadai mungkiin ada bantuan, jadi radio komunitas suaranya bagus terus pokoknya tidak mengganggu masyarakat sekitarnya tidak ada complain untuk radio komunitas.
Kalau saya biasanya jam – jam menjelang magrib saya dengar radio komunitas, sampai isya soalnya kalau sore sampai malam lah sambil saya kerja sambil saya dengar radio komunitas, terutama yang saya dengar slagu sasak itu, seneng saya dengar lagu daerahnya.
Apakah Anda pernah mendengarkan tentang sosialisasi PNPM di Radio Komunitas?
Waktu itu yang pernah saya dengar untuk sosialisasi seperti untuk rehab fisik di desa, pembuatan ada bantuan untuk fisiklah itu yang saya dengar dan yang menarik yang saya dengar, kita tahu jelas kalo ada permasalahan dengan program pnpm yang tidak sesuai dengan program itu ada kita tetap di siarkan di radio komunitas itu nomor telpon yang dikasih untuk kita complain ke pusat, itu nilai plus yang sat\ya dengar, jadi sepertinya mengena sekali rakom dengan menginformasikan nomor pusat jadi masyarakat tidak ragu –ragu untuk sekarang apalagi setiap individu masyarakat rata – rata punya HP jadi tinggal dia simpan nomor yang di publikasikan di rakom tinggal dia telpon ke pusat bahwa kalau disuatu desa atau program PNPM kurang lancer tinggal dia klaim lewat HP, itu berkat radio komunitas yang sering mempublikasikan nomor HP yang dihubungi untuk klain gitu.
Saya piker untuk program PNPM tidak terlalu asing apalagi hampir semua desa ditambah lagi publikasi lewat radio komunitas terutama yang begitu gencar yang saya dengan terutama disalah satu radio yang sering saya dengar di radio talenta itu saya sering mendengar publikasi tentang PNPM, jadi perkembangan PNPM Alhamdulillah saya banyak tahu kegiatan – kegiatannya.
Sejauhmanakah kepahaman Anda tentang PNPM yang Anda dengarkan di Radio   Komunitas?
PNPM ini adlaah program pemberdayaan masyarakat jadi PNPM ini bagaimana masyarakat dilibatkan secara langsung, selama ini kan kita tahu bahwa program pemerintah itu sepertinya paradigma yang berlaku itu  dimasyarakat  ya namanya program pemerintah ndakmau tahu masyarakat tapi dengan program PNPM ini sepertinya lebih ke masyarakat jadi benar – benar dilibatkan di masyarakat itu yang saya dilihat di program PNPM baik untuk basicnya, maupun social, ekonominnya untuk program PNPM ini sangat melibatkan masyarakat, itu yang saya pahami untuk program PNPM ini.
Menurut Anda, apakah Radio Komunitas sudah maksimal dan efektif dalam menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat tentang PNPM?
Kalau saya piker belum, soalnya daya jangkau daya siarnya yang mungkin terbatas saya lihat karena rakom yang saya dengar kalau kita ada di suatu kecamatan agak sulit untuk kita dengar di kecamatan lain yang agak jauh karna memang daya sianya atau daya jangkaunya terbatas, jadi mungkin kalau bisa ke depannya mungkin masing – masing di kecamatan ada rakom mungkin akan lebih efektif untuk mempublikasikan program – program PNPM ini.
Saya fikir cukup efentif untuk di rakom, selain rakom itu adalah milik masyarakat itu sendiri, tentu masyarakat ada keterikatan emosional itu untuk mendengarkan radionya sendiri dan juga rakom itu tidak terikat oleh kontrak iklan – iklan yang lain jadi saya fikir untuk memutarkan iklan PNPM itu cukup fleksibel tidak harus sekian durasinya, harus dibatasi itu yang saya lihat dirakom untuk publikasi PNPM.
Apa mamfaat yang dirasakan dengan penyiaran PNPM melalaui Rakom?
Yang saya rasakan ya itu tadi sempat saya ungkapkan bahwa pertam asaya tahu kegiatan – kegiatan PNPM baik di desa ini terutama yang sempat dipublikasikan oleh rakom yang ebrasngkutan dan yang jelas kita tahu tempat kita complain ketika kita ada permasalahan terutama di desa atau di tempat kita ada program pnpm ini jadi lewat rakom kita cepat tahu bisa complain ke [pusat, itu yang saya rasakan selama ini.
Apa harapan Anda terhadap Radio Komunitas dan PNPM dalam penyebarluasan sosialisasi ke masyarakat luas?
Harapan saya rakom kedepan jadi karna memang rakom ini kita tahu para pengelolanya yang terbatas jadi untuk terjun kepalapangannya agak terbata smungkin, tapi mungkin ada pembagianb – pembagian jadwal jadi hari ini dia ke desa ini untuk melakukan peliputan esoknya kemana jadi di kecamatan itu saya berharap tidak berfokus pada dimana radio ada. Kita berharap di skedulkan nanti biar masayarak di desa lain atau di tempat lain bisa menjangkau siarannya sampai kesana dilibatkan juga atau dihubungi.
PNPM juga kalau bisa lebih pro aktif selain lewat rakom yang saya lihat sudah berjalan saya berharap nanti ada stiker atau spanduk yang ditempel atau dibagikan kemasyarakat disana ada rakom juga yang ditampilkan di stiker atau spanduk itu jadi amsyarakat tahu lewat stiker masyarakat penasaran lewat stiker itu. Iya harus, kalau mengandalkan rakom itu jadinya lepas tangan kalau sudah rakom gencar melakukan sosialisasi PNPM juga melalui cara lain lewat kru atau stiker atau apa itu akan semakin bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar