Jumat, 15 Juni 2012

RAKOM Talenta FM Jonggat, dipilih Sebagai Lokasi Praktik Pelatihan Media RBM


Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) Integrasi beberapa waktu lalu  menggelar pelatihan yang bertajuk Pelatihan Media Ruang Belajar Masyarakat (RBM) dan Pelatihan tersebut memilih Radio Komunitas (RAKOM ) Talenta FM sebagai lokasi Praktik, yang diikuti puluhan peserta yang berasal dari unsur pelaku PNPM MP di sejumlah kecamatan yang berdekatan dengan studioTalenta FM.



Fasilitator Kabupaten (Faskab) PNPM MP Integrasi Lombok Tengah Drs.H.M Rusdi mengatakan, pelatihan yang erat kaitanya dengan dunia jurnalistik dan media informasi ini sangat penting untuk dilaksanakan agar para pelaku PNPM MP Integrasi dikabupaten Lombok tengah bisa memahami media apa saja yang bisa digunakan untuk lebih meningkatkan lagi mutu pelaksanaan PNPM MP ke depan. Baik itu dalam hal sosialisai, penanganan masalah, advokasi dan hal-hal penting lainya yang berkaitan dengan Pemberdayaan Masyrakat.

Pelatihan ini dilaksanakan oleh PNPM MP Integrasi yang dikoordinir oleh Kelompok Kerja (Pokja) RBM kabupaten, dimana dalam pengelolaan dan  pelaksanaanya diserahkan seluruhnya kepada Pokja Kabupaten yang sekaligus sebagai penanggung jawab, karena pelatihan ini merupakan tugas dari Pokja Kabuaten itu sendiri.

“Pokja tidak sekali ini saja menggelar palatihan. Beberapa waktu lalu jauh hari sebelum pelatihan Media ini degelar, Pokja juga pernah menggelar palatihan Training Off Trainer (Pelatihan bagi pelatih -red) bagi  TPM-TPM (Tenaga Pelatih Masyarakat -red) yang ada di kecamatan dan kabupaten yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas Tim palatih bagi para pelaku PNPM baik itu PNPM Mandiri Perdesaan Generasi Sehat dan Cerda ata yang disingkat GSC, maupun Integrasi. Selain itu pernah juga digelar Palatihan dasar RBM mengenai penanganan masalah berbasis masyarakat, pegawasan berbasis masyarakat dan Advokasi Hukum. Nah baru kemudian Pokja menggelar pelatihan Media RBM ini”Imbuhnya.

Pelatihan Media RBM ini, akan digelar selama 2 hari dimana pada hari pertama akan disampaikan beberapa materi penting yang terkait dengan media informasi baik itu media cetak maupun media elekronik yang berbasis masyarakat. Adapun Narasumber pada pelatihan ini yakni Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyrakat (Humas) dan Protokol pemda Lombok tengah, H.Suhardi.SH yang sekaligus Direktur Utama Harian Umum Nurani Rakyat, Praktisi Radio Komunitas (Rakom) Ikhsan Husein dan didukung oleh Rakom Talenta FM Jonggat.

“Pada hari pertama itu akan disampaikan materi-materi tentang bagaimana pengelolaan media dan maupun materi lainya. Para pelatihnya itu nantinya dari Faskab yang didukung oleh Kabag Humas Pemda Lombok tengah yang sekaligus Dirut Nurani Rakyat, Praktisi Rakom dan juga didukung oleh pak Sading dari Rakom Talenta FM Barejulat dan Joga Jo Arya dari Rakom Mitra FM praya tengah. Dimana setelah para peserta mendapatkan berbagai macam materi dari para palatih pada hari pertama , maka pada hari kedua  para peserta akan melanjutkan kegiatan pelatihanya dengan dibagi menjadi dua kelompok, dimana masing-masing kelompok nantinya ada yang akan langsung praktik ke Rakom Talenta FM secara Live On Air .”Tambah H.M Rusdi.

Mengomentari hal tersebut, salah seorang anggota DPRD kabupaten Lombok Tengah H. Yahum spdi mengatakan, pelatihan media seperti itu sangat baik untuk digelar. Para pelaku PNPM MP yang rata-rata ada ditengah-tengah masyarakat merupakan pihak yang sering menjadi sorotan, untukitu agar mereka bisa menyampaikan apa saja mengenai program dengan bahasa-bahasa yang jelas dan berkhaedah jurnalistik diharapkan para pelaku itu tidak canggung juga untuk berhadapan dengan media baik itu elekronik maupun media cetak

“Paltihan itu mungkin memang adalah program dari PNPM MP itu sendiri,dan itu sya rasa merupakan program yang snagat bagus. Bahkan  kalau bisa seluruh Satuan Pelayan Masyrakat di Lombok Tengah ini juga mengikuti pelatihan seperti ituagar merekatahu persisi bagaimana pentingnya sebauah media informasi. Apalagi media itu berbasis masyarakat seperti rakom-rakom yang sudah ada ini. Dengan halitu diharpakan informasi pembangunan yang selama ini tidak terekspose bisa diinformasikan di sana. Apalagi saya dengar kalau rakom itu orientasinya social,nah ini kan bagus sekalai,” jelasnya singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar