Senin, 11 Juni 2012

Wawancara Dengan Drs. M.Rusdi, Faskab PNPM-Mpd Loteng



Apa sebenarnya PNPM itu, dan kenapa PNPM memilih Radio Komunitas dalam Mensosialisasikan Programnya kepada masyarakat? Berikut wawancara Reporter Talenta FM dengan Fasilitator Kabupaten PNPM-MP lombok Tengah Drs. Muhammad Rusdi.


Apa PNPM itu?
PNPM Pedesaan ini ssuatu program penanggulangan kemiskinan pemerintah RI ini yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin di pedesaan dengan mendorong kemandirian masyarakat didalam proses penghambila keputusan maupun didalam pengelolaan pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat itu sendiri di pedesaaan.

Sejak kapan PNPM itu Ada?
PNPM di kabupaten Lombok tengah ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2012 ini bahkan sampai tahun 2014 nanti.

Dimana saja PNPM ini terlaksana?
PNPM ini adanya di seluruh Indonesia di 37 Propoinsi, sedangkan di porp ada 8 kabupaten, sedangkan di loteng ada di 10 kecamatan sedangkan PNPM integrasi ada di 12 Kec. Dan GSC ada di 10 kec. Kecamatan itu terdiri dari Kec. Batukliang, Batukliang Utara, JOnggat, Pringgarata praya tengah, praya barat, praya barat daya praya timur, pujut, janapria, itu saja.

Untuk apa dan kepada siapa?
PNPM ini untuk memberikan kesempatan kerja untuk masyarakat miskin yang ada di pedesaan dan juga untuk mendorong kemandirian masyarakat terutama didalam pengambilankeputusan dan juga menciptakanlapangan pekerjaan untuk masyarakat di pedesaan. Dengan ada program ini banyak sekali sekarang pekerja – pekerjaan yang dilakukan oleh program ini dan masyarakat mendapatkan banyakmanfaat mulai dari proses perenacaannya, pelaksanaannya, bahkan sampai merasakan hasil daripada kegiatan yang dibangun.

Bidang yang ditangani PBPM Apa saja?
Bidang yang ditangani adalah bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan peningkatan apasitas oleh pemerintah dan masih sekitar itu
.
Peran PNS Pada PNPM ini Apa?
Peran PNS dalam PNPM itu ada dilamam jalur structural. Dalam jalur itu merekA berperan untuk melindungi dan mengamankan daripada program ini, caranya mereka juga turun mendorong atau berpartisipasi dalam melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan PNPM ini, mereka turun melakukan monitoring, supervise, mereka juga mendorong dan mendukung dalam penanganan masalah dan sebagainya. Tapi mereka tidak mengelola kegiatan ini. Pengelola atau pelaksanaan kegiatan ini  dilakukan oleh jalur fungsional yaitu oleh para konsultan dan fasilitator yang ada di kabupaten dan kecamatan.

Apakah PNPM sudah mencapai target?
Sampai sejauh ini target belum tercapai ya baru sekitar 30 sampai 40 % dari target yang harus ingin dicapai oleh pemerintah kabupaten Lombok tengah. Olehkarena  itu pemerintah Lombok tengah sangat mengharapkan PNPM ini untuk tetap dilaksanakan sampai tahun – tahun berikutnya.mengingat masalah kemiskinan masih banyak yang belum terselesaikan di Lombok tengah.
 
Sampai kapan PNPM ini berjalan di NTB?
Pnpm di NTB ini  sekarang kurang lebih sudah dilaksanakan sekitar 8 tahun mulai dari tahun 2005 itu. Dan hasil dari pelaksanaan PNPM ini cukup dirasakan oleh masyarakat disini dan bahkan masyarakat sangat terbantu oleh PNPM ini. Masyarakat saat ini malah banyak sekali yang mengharapkan proses yang perencanaan di PNPM juga dipakai oleh program lain maupun program pemerintah melalui muspenda. Karena cukup efektif hasil – hasil perencanaan maupun pelaksanaan yang dilakukan PNPM ini.
Bagaimana PNPM mensosialisasikan programnya?
PNPM mensosialisasikan programnya itu mulai dari tingkat propinsi, kabupaten, kecamatan bahkans ampai ketingkat desa bahkan sampai ke dusun – dusun. Kalao ditingkat kabupaten itu namanya MAD sosialisasi, di kecamatan juga AMD sosialisasi bahkan didalam setiap tahapan mulai dari proses perencanaan itu sosialisasi mengenai pelaksaaan pnpm ini tetap dlakukan. Tidak hanya disitu, PNPM ini juga disosialisasikan dimana saja dan kapans aja itu dilakukan supaya masyarakat itu mendapatkan pemahaman yang menyeluruh mengenai PNPM yang sebenarnya.

Menggunakan media apa?
Media yang digunakan sudah pasti media local maupun tradisional yang ada dimasyarakat. Media – media yang kita gunakan selama ini banyak sekali, ada media RAkom diamana Radio komunitas ini kita sudah ajak bekerja sama untuk menyebarluaskan mengenai PNPM informasi terutama yang ada dikecamatan maupun di desa. Kita juga melakukan kerjasama melalui surat kabar, yakni Nurani rakyat, juga melalui bulletin – bulletin yang sudah kita sebarluaskan ke semua kecamatan yang kita laksanaskan selama sekali dua bulan.

Mengapa menggunakan media tersebut?
Media ini diguankan karena cukup efektif, karena media ini dapat langsung bersentuhan dengan masyarakat, seperti rakom. Karena bagaimanapun radio komunitas ini muatan – muatan yang di informasikan ke masyarakat memang muatan – muatan informasi yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.

Apa pengaruh media tersebut terhadap PNPM?
Pengaruh media terhadap pnpm sangat memberikan keuntungan terutama dalam memberikan dukungan – dukungan kepada pemerintah, ada beberapa respon dari pemerintah maupun yang lainnya dalam mendukung pola – pola perencanaan yang dilaksanakan PNPM sehingga kami bisa mendorong mengenai pola – pola perencanaan ini untuk di integrasikan didalam musrenbang di kabupaten Lombok tegah. Dan ini kita sudah mencoba untuk menyampaikan ke pada anggota dewan maupun pemerintah kabupaten respon pemerintah kabupaten yang kami sudah temui seperti pak Sekda itu langsung rsespon dan pak sekda bilang silahkan mengajukan draf – draf file booknya sedangkan untuk dewan malah tadi suratnya ini sudah kami berikan ke dewan untuk dilakukan hearing untuk penyusunan perencanaan pembangunan partisipasi. Dan dewan sangat merespon baik dan klami juga berterima kasih kepada anggota dewan yang betul – betul memberikan peluang pnpm terutama didalam bagaimana mendorong perencanaan pembangunan partisipasi.

PNPM Yang Kami tau harus ada partisipasi warga, bagimana partisipasi warga setelah mensosilaisaikan lewar radio komunitas?
Partisipasi masyarakat ini memang tinggi didalam perencanaan, lebih – lebih saat pelaksanaan kegiatan maupun didalam pengelolaan dan pemeliharaan kegiatan begitu juga dalam pengendalian kegiatan yang dilakukan.sebagai contoh didalam proses perencanaan itu tidak hanya diikuti oleh kaum laki – laki  tetapi juga kaum perempuan banyak sekali yang datang  padaforum –forum musyawarah atau dalam kegiatan – kegatan yang berkaitan dengan PNPM.  Tidak hanya dalam bentuk  dalam jumlah atau dalam kuantitas, dalam segi kualitas mereka juga sangat bagus artinya suara – suara perempuan ini sudah mewakili dari[iadakaumnya didalam pengambilan suara dan pengambilan keputusan sehingga hasil – hasil perencanaan perempuan melalui LKPitu banyak terakomodir  di dalampelaksanaan kegiatan PNPM dan banyak yang sudah terealisasi itu contoh seperti Posyandu ,pemberian makanan tambahan,pembuatan jalanfisik maupun non fisik juga mengenai ekonomi,khususnya mengenai SPP itu salah satu bukti dari bentukpartisipasi kaum perempuan baikkaumlaki –laki maupun perempuan.

Bagaimana warga berpartisipasi?
Bentuk artisipasi masyarakat yang selanjutnya adalah kontribusi masyarakat didalam mengeluarkan swadaya,contoh pembuatan jalan raya,pembuatan jalan desa, gang dusun kalao itu ada yang satu setengah kilo, bayangkan itu tanah kalau yang satu setengah kilo itu di rupiahkan itu sudah menjadi berapa ratus juta rupiah itu  dan itu diberikan secara Cuma – Cuma dalam bentuk swadaya oleh masyarakat  tidak hanya itu tetapi dalam bentuk tenaga, umpamanya merekabagaimana membuat jalan itu juga dpotong sebagian untuk disumbangkan sebagai swadaya masyaralat itu.

Dibeberapa radiokomunitas itu tetap di siarkan seperti di Talenta, Tastura maupun rakom – rakom mitra yang lain. Dan kita harapkan masyarakat juga harus banyak memanfaatkan rakom –rakom ini untuk dialog secara terbuka melalui rakom- rakom.

PNPM nanti memang kita akan intensifmelaksanakan dialog –dialog itu ngan radio – radio yang sudah kita ajak kerja sama,dalam bentuk dialog maupun pemberitaan untuk peningkatan alat pendukung dari pada radio komunitas itu  sendiri, untuk membantu radio – radio komunitas itu sendiri sehingga rakom – rakom bisa menyampaikan informasi – informasi itu lebih jauh lagi jangkauannya.

1 komentar:

  1. sore bajang jefri,,tiang zhaly lekan puyung now,brembe kabarm nani??
    owh,dendek lupak nggih berkunjung juk website tiang,,ni alamatn www.unik-aneh.com

    BalasHapus