Senin, 24 September 2012

774 JCH Lombok Tengah Sukses Diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah



RADIO KOMUNITAS TALENTA FM (Barejulat) - Sekitar 700 lebih Jemaah Calon Haji (JCH) asal kabupaten Lombok Tengah (Loteng) sukses diberangkatkan. Prosesi pelepasan yang digelar baik oleh Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI)  Loteng dan dilaksanakan juga oleh  pemerintah Daerah yang digelar dengan penuh hikmad dan penuh makna pada kamis dan jumat (20-21/09) lalu. Pada prosesi pelepasan tersebut sekitar 700 orang JCH dan ratusan keluarga ikut bersama mengantarkan keluarga mereka yang beruntung melaksanakan ibadah haji tahun ini.



Pantauan dilapangan saat digelar prosesi pelepasan di kantor Kemenag RI loteng, nampak saat itu Bagian Pelaksana Haji Kemenag,TGH.Minde Hamni memberikan penjelasan ke para JCH yang lebih fokus mengenai teknik pemberangkatan JCH. Saat itu dijelaskan, pada tahun ini Loteng tidak lagi menggunakan Embarkasi Bandara Juanda Surabaya tetapi lengsung menggunakan Embarkasi Bandara Internasional Lombok (BIL). JCH loteng dibagi dalam regu dan rombogan, dimana setiap regu terdiri dari 11 orang anggota dimana satu orang ditunjuk sebagai ketua regu. Sementara regu-regu tersebut dikelompokkan lagi menjadi rombongan dimana satu rombongan terdiri dari 4 regu ditambah dengan satu orang ketua rombongan, berarti satu rombongan terdidiri dari 45 orang JCH. Diatas rombongan para JCH dikelompookan lagi menjadi Kelompok Terbang (Kloter) . Untuk Loteng terdiri dari 3 kloter yakni kloter 2, 4 dan kloter 8. Dalam satu Kloter terdpat 5 petugas kloter yang terdiri dari satu orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu orang Tim Pembina Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan 2 orang Tim Kesehatan yang terdiri dari satu orang dokter dan satu orang perawat.

“Kami menghimbau kepada Jemaah hanya membawa barang-barang dengan koper yang diberikan oleh pihak Garuda yang terdiri dari koper besar, Tas Jinjingan dan Tas Pasport. Dan ingat juga berat maksimal bawaan dalam koper tidak lebih dari tiga puluh dua Kilo gram. Karena kalau lebih dari itu maka harus mengeluarkan biaya tambhan sesuaidnegan kelebihan berat bawaanya itu.”Katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag RI loteng, Drs. Nasri Anggara saat ikut mengikuti prosesi Pelepasan JCH Loteng di halaman Kantor Bupati mengatakan sebanyak 774 orang jemaah berangkat langsung dari BIL Lombok  ke Bandara King Abdullajis Jeddah Saudi Arabia. Setelah JCH berangakat yang terpenting bagi keluarga ditanah air agar selalu berdoa demi keselamatan dan kesehatan para JCH agar bisa melaksanakan ibdah haji dengan sebaik-baiknya.

“ Kita harapkan bagi keluarga yang ditinggalkan oleh Jemaah Calon haji untuk melakukan peribadatan di mekkah, tentu keluarga dirumah khususnya keluarga Calon Haji mendoakan JCH agar bisa selamat, sehat jasmani dan rohani dan sempurna melaksanakan ibadah  haji dengan harapan setelah pulang ke tanah air dan keluarga akan membawa predikat haji yang mabrur.”katanya.

Selain itu Nasri Anggara mengharapakan kepada para jemaah haji atau Hujjaj juga sebaliknya, mendoakan agar pemerintahan ditanah air di bangsa tercinta kita ini, baik di pemerintah pusat, pemerintah tingakat I dan II menjadi pemerintahan yang sukses dalam meningkatkan pembangunan demi tercipatanya pemerintahan yang “Baldatun Toybatun Warrubun Gapur” dan menjadi negeri yang aman serta diridoi oleh Allah SWT.

“Allhamdulillaih sesuai dengan panggilan Allah dan juga sesuai dengan porsi bahwa pada tahun 2012 kami berangkat dengan istri beserta para jemaah asal Lombok tengah yang semuanya berjumlah 774 orang berharap semuanya berangkat ke tanah suci dan bisa melaksanakan ibadah terutama sesusi dengan tiga sukses pelaksanaan ibdah haji yakni semua jemaah haji bisa berangkat, semua jemaah haji bisa Wukuf dan semua jemaah bisa pulang dengan selamat ke kampong halamanya.”Ujarnya.

Lebih lanjut Nasri Anggara merasa terharu berada bersama-sama dan ikut melaksanakan ibadah haji dengan masyrakat Lombok tengah, apalagi yang berangkat juga sejumlah teman sejawatnya.

Salah seorang JCH Ahmad Yamin warga Kelurahan Srengat Selatan mengaku sangat bangga dan bersyukur karena bisa menunaikan Ibdah haji yahun ini apalagi keberangkatanya bersama-sama dengan Kepala Kantor Kemenag Loteng bersama istri.

“Saya sangat senang karena pelayananya cukup baik dan mengembirakan. Apalagi bersama-sama kami yang saya dengar kita bersama dengan Kakanmenag, rasa aman dan tentram tentu lebih kami rasakan”Ungkapnya.

Sementara itu Bupati Lombok Tengah H.Moh Suhaili Fadhil Tohir pada sambutanya pada prosesi pelepasan JCH tersebut bupati mengingatkan untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT karena telah memberikan berbagai macam karunianya kepada seluruh JCH baik itu berupa kesehatan , keahfiatan, kekuatan,dan kemampuan sehingga para JCH bisa hadir pada acara pelepasan JCH di halaman kantor bupati tersebut. Bupati pada kesempatan tersebut juga mewakili seluruh warga keluarga Tatas Tuhu Trasna bersatu dan mewakili segenap Satuan Kerja dan Perangkat Daerah (SKPD) mengucapkan selamat kepada JCH yang sudah mendpatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah Haji tahun ini.

“Para jemaah yang akan haji saat ini patutlah bersyukur kepada Allah Subhannahutaala karena telah iberikan nasib untuk berangkat ketanah suci mekkah. Saya yakin rasa syukur itu sudah dilakukan oleh bapak-ibu yang telah terpilih sebagai tamu allah. Hal itu merupakan karunia allah yang tidak semua orang bisa melaksanakan rukun islam yang ke lima tersebut.”Katanya.

Bupati melihat minat dan keinginan warga Lombok tengah untuk melaksanakan ibadah haji sangatlah tinggi meskipun krisis ekonomi kembali melanda bangsa-bangsa di dunia termasuk Indonesia, namun hal itu tidak menghalangi umat muslim untuk menunaikan ibadah haji.

“Saya sekedar mengingatkan kepada seluruh jemaah yang melaksanakan jemaah haji saat ini melaksanakan ibadah haji dengan tiga landasan yakni, melaksnakan ibdah haji dengan niat semata-mata ihklas karena Allah. Gunakanlah kesempatan ibadah haji digunakan dengan sebaik-baiknya, pelihara kekompakan terhadap masing-masing regu sejak dibernagkatakan dari saat ini di pelepasan hingga saat melaksanakan ibadah haji di tanah suci mekkah sampai kembali lagi ke kampung halaman. Dan selalu saling Bantu antar sesame jemaah dengan memperkuat rasa persaudaraan. Kemudian jaga dan pelihara kondisi kesehtan fisik, karena itu merupakan slah satu kunci sukses melaksanakan ibadah haji dan yang paling penting ingat untuk membawa barang-barang dan kelengkapan JCH seperti buku kesehatan, bukti tanda lunas  passport dan yang lainya.”Pungkasnya.(sading)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar