Rabu, 12 September 2012

Tungku Lupa Dimatikan, Dapur Nyaris Ludes Dilalap Si Jago Merah



RADIO KOMUNITAS TALENTA FM (Barejulat) - Api tungku lupa dimatikan, dapur sebuah rumah di dusun rururng bengkok desa puyung kecamatan Jonggat Lombok tengah pada Rabu (12/09)  nyaris ludes terbakar. Beruntung saat api mulai merayap membakar tiang-tiang penyangga dapur, puluhan warga sekitar  sigap membantu memadamkan api , hingga apipun padam.






Salah seorang saksi mata, Endang Susilawati yang kebetulan berada disebrang jalan rumah yang dapurnya terbakar itu mengatakan, dirinya sebelum mengetahui adanya kejadian kebakaran tersebut mencium bau-bau benda yang terbkar yang ia tidak ketahui asalnya entah darimana. Namun ketika sejumlah tetangga melihat ada asap mengepul yang tdiak biasanya, berteriak teentang adanya kebakaran barulah ia menyadari peristiwa tersebut.

“Saya tahu kalau terjadi kebaran setelah warga disekitar rumah itu berteriak-teriak kebakaran”Ujarnya.

Sementara salah seorang warga Muslihin, yang kebetulan rumahnya hanya beberapa meter dari rumah yang naas terebut mnuturkan, ia keget karena pada sekitar pukul 12.30 wita tersebut melihat ada asap tebal  yang cukup tinggi membumbung dari dapur rumah tersebut.

“Saya langsung berteriak kebakaran sekeras-kerasnya, apalagi saya melihat apinya sudah mulai membakar tiang-tiang dapurnya. Dan yah puluhan wargapun ramai-ramai berdatangan sambil membawa ember untuk membantu memadamkan api”Katanya.

Sementara itu pemilik rumah Inaq Tuan Johar mengaku lupa mematikan api tunggu sehabis menggoreng kopi didapurnya. Ia tidak menyangka hal itu akan membuat dapurnya yang semi permanent tersebut nyaris ludes terbakar.

“Saya tadi sudah menggoreng beberapa kilo kopi pak, habis itu saya mersa ngatuk lalu mencoba berbaring sebentar didalam rumah. Dan saya tahu adanya kebakaran karena warga rebut-ribut ini”Ungkapnya.

Untuk diketahui, tidak ada korban pada peristiwa kebakaran tersebut, namun dapur yang terbuat dari pagar bambu itu setengahnya sudah habis terbakar. Beberapa ikat kayu baker yang ditaruh di samping tungku dapurpun  terlihat ludes dilalap si jago merah. Sebuah mobil pemadam dari Kisbanglinmas Kabupaten Lombok tengah juga dengan sigap dating ke lokasi setelah mendapat informasi dari warga, walaupun sesampai dilokasi dapur yang terbakar itu sudah berhasil dipadamkan puluhan warga setempat dengan mengambil air dari sumur dan menggunakan selang ledeng.(sading).  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar